Artikel

Manfaat In House Project Management Training dan Skill yang Harus Dimiliki Manajer Proyek

Bagi seorang manajer proyek, manajemen sangatlah penting untuk mengetahui seberapa kompeten mereka dalam menangani suatu proyek. Kompetensi ini pula yang menjadi tolok ukur pantas tidaknya seorang manajer mengelola proyek perusahaan.

Untuk mempersiapkan tenaga yang andal dalam mengelola proyek skala kecil maupun besar, banyak perusahaan melakukan in house project management training.

Mengapa In House Project Management Training Penting Bagi Perusahaan?

In house project management training adalah pelatihan khusus untuk meningkatkan kemampuan dalam mengelola proyek. Sesuai dengan namanya, in house training berlangsung di suatu perusahaan dengan jumlah peserta terbatas, tergantung kebijakan dari perusahaan tersebut.

Karena sifatnya lebih personal, maka in house project management training dapat berjalan secara lebih maksimal, kondusif, dan efektif. Setiap peserta pelatihan akan mendapatkan materi yang disampaikan langsung oleh ahlinya.

Materi training umumnya lebih spesifik dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang mengadakan in house project management training. Berkat materi yang spesifik, karyawan dapat lebih mudah memahaminya karena mereka yang harus terjun menghadapi masalah.

Lalu, seberapa pentingnya in house project management training bagi perusahaan? Dan apa saja skill yang harus manajer proyek miliki?

Manfaat In House Project Management Training 


  • Biaya lebih terjangkau

In project house management training adalah solusi tepat untuk pelatihan dengan biaya yang terjangkau. Sebab perusahaan sebagai penyelenggara dapat menentukan lokasi training, apakah akan menggunakan hall kantor atau tempat lainnya.

Jika pelatihan berada di kantor, maka perusahaan dapat menekan biaya sewa tempat. Sehingga perusahaan hanya perlu mengeluarkan biaya untuk trainer dan biaya makan.


  • Meningkatkan skill manajer proyek

Manfaat in house project management training berikutnya adalah meningkatkan skill manajer proyek. Peserta akan mendapatkan pelatihan pentingnya waktu dan penetapan tujuan, mengetahui sumber daya dan kebutuhan perusahaan, seperti tenaga, waktu, dan budget. 

In house project management training juga mengajarkan manajer proyek untuk menyusun anggaran proyek secara realistis. Selain itu, pelatihan juga berfungsi untuk meningkatkan skill manajer dalam memanfaatkan teknologi digital yang mendukung keberlangsungan proyek.

Skill yang Harus Dimiliki Manajer Proyek


  • Keterampilan komunikasi

In house project management training juga melatih skill dasar bagi pemimpin manajer proyek, salah satunya adalah keterampilan komunikasi. Baik komunikasi secara lisan, tertulis, komunikasi dalam kelompok, maupun komunikasi intrapersonal.


  • Negosiasi dan penyelesaian konflik

Selanjutnya adalah kemampuan negosiasi dan penyelesaian konflik. Seorang pemimpin manajer proyek harus mampu bernegosiasi dengan dengan klien, mampu menyelesaikan konflik, dan mengelola tim secara baik. Selain itu, mereka juga harus memiliki komitmen dalam mengelola proyek.

Dari manfaat dan skill yang harus manajer proyek miliki, in house project management training sangat penting bagi suatu perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment