Artikel

In House Training Untuk Kebutuhan Pengembangan SDM Perusahaan Anda

SDM yang berkualitas memberikan peranan penting dalam perkembangan perusahaan. Pengembangan SDM dalam sebuah perusahaan sangat perlu dilakukan. Ada berbagai cara untuk dapat mengembangkan SDM perusahaan. Perusahaan bisa memberikan berbagai macam metode pelatihan. Salah satu cara untuk pengembangan SDM adalah dengan menggelar in house training.

In house training merupakan sebuah pelatihan untuk karyawan. Perusahaan dapat menentukan materi, waktu dan tempat sesuai dengan kebutuhan perusahaan. In house Training juga merupakan pelatihan yang paling efektif digunakan untuk meningkatkan SDM perusahaan. Melalui in house training, diharapkan perusahaan akan mendapatkan SDM yang lebih unggul. In house training akan melatih karyawan agar mampu melahirkan ide dan rencana serta mengaplikasikannya untuk perkembangan perusahaan.

Sekilas Tentang Inhouse Training

In house training for employees merupakan salah satu pelatihan yang tujuannya untuk pengembangan SDM perusahaan. Perusahaan penyelenggara akan menentukan materi yang akan diberikan misalnya saja in house customer service training dan lain sebagainya.

Pihak trainer akan menyusun materi sesuai dengan yang diminta oleh perusahaan. Misalnya saja perusahaan menginginkan in house management training. Penyelenggara akan merancang materi yang sesuai dengan permintaan. Penyusunan materi tentu akan dilakukan secara profesional agar relevan dengan kebutuhan perusahaan.

In house training courses untuk perusahaan juga menyediakan berbagai macam jenis pelatihan yang sesuai dengan permasalahan perusahaan. Misalkan saja sebuah perusahaan sedang mengalami permasalahan dalam bidang manajemen, maka trainer akan membantu memberikan pelatihan sesuai dengan permasalahan tersebut.

In house training juga bisa dilakukan di mana saja. Perusahaan akan menyediakan tempat yangs esuai agar pelatihan berjalan dengan lancar dan baik. Tujuan dari pelatihan sdm adalah untuk meningkatkan kualitas kerja secara langsung, maka lokasi pelatihan juga harus memberikan kenyamanan. Biasanya, perusahaan menggelar in house training di hotel atau kantor agar lebih kondusif.

Manfaat In House Training

Banyak orang bertanya apakah in house training memberikan manfaat. Jawabannya adalah sangat bermanfaat. In house training mampu mencetak karyawan unggul. In house training juga mampu membantu perusahaan dalam menjalankan usahanya. Intinya adalah in house training tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan juga bagi karyawan.

In house training berfungsi sebagai salah satu upaya pengembangan tenaga kerja.  Oleh sebab itu, in house training memiliki banyak sekali manfaat. Salah satu manfaat terbesar dari diadakannya in house training adalah tercapainya visi dan misi perusahaan. Bagaimana visi dan misi perusahaan dapat tercapai? Berikut ini adalah ulasannya.

1. Peningkatan Kualitas Karyawan

In house courses yang diadakan perusahaan akan meningkatkan kualitas SDM perusahaan. Dengan pemberian materi yang sesuai, maka diharapkan target dari perusahaan akan tercapai. Perusahaan akan mampu menuju sasaran yang sudah diharapkan sebelumnya. Dengan demikian visi dan misi perusahaan akan tercapai.

Saat melaksanakan in house training, karyawan akan diberikan materi dan pertanyaan pelatihan dan pengembangan sdm. Dalam hal ini, karyawan akan berpikir untuk menjawab segala permasalahan yang ada. Oleh sebab itu, budaya berpikir dan motivasi untuk berkembang karyawan akan meningkat. Karyawan dengan motivasi yang tinggi akan memberikan solusi dan performa terbaik bagi perusahaan.

2. Meningkatkan Rasa Kekeluargaan

Manfaat lainnya dari in house training adalah meningkatnya relasi antar peserta. Saat in house training, karyawan akan diminta untuk berdiskusi kelompok. Jika tidak, minimal peserta akan melakukan interaksi dalam satu ruangan. Dengan begitu, hubungan antar karyawan akan lebih terjalin erat. Dalam in house training, jabatan, divisi dan sebagainya akan dikesampingkan sejenak. Peserta akan diminta untuk saling berinteraksi dengan baik. Oleh sebab itu, biasanya setelah in house training, kekakuan dalam hubungan antar individu akan lebih mencair.

Kelebihan In House Training

Seperti telah dijelaskan sebelumnya ada banyak sekali jenis pelatihan untuk pengembangan karyawan. Ada juga beberapa pertanyaan pelatihan dan pengembangan sdm yang sesuai untuk perusahaan. Jawaban untuk segala pertanyaan tersebut adalah kembali pada kebutuhan perusahaan. Namun, untuk segala kebutuhan, biasanya in house training merupakan pelatihan yang paling sesuai.

In house training tidak hanya fokus pada in house project management training saja melainkan sub bidang lainnya. Melalui in house training, kebutuhan perusahaan akan karyawan yang berkualitas akan terjawab. Kelebihan lainnya dari in house training akan dijabarkan berikut ini.

1. Biaya Lebih Murah Dengan Resiko Minim

Kelebihan dari in house training adalah tidak memerlukan biaya yang mahal. Melalui in house training, perusahaan dapat menekan biaya pelatihan semaksimal mungkin. Perusahaan hanya perlu mempersiapkan biaya akomodasi, transportasi dan fee trainer. Untuk biaya makan, sewa lokasi dan transport karyawan bisa disesuaikan dengan budget perusahaan. Bahkan beberapa perusahaan menghilangkan sama sekali budget untuk hal tersebut.

Meski biaya in house training lebih murah, hasil dari pelatihan ini sangat maksimal. Trainer akan menyediakan materi pelatihan dengan kebutuhan perusahaan sehingga materi yang diberikan akan tepat sasaran. Sehingga, karyawan mendapatkan apa yang ia perlukan sesuai kebutuhan dan bagiannya.

In house training juga merupakan pelatihan dengan risiko paling kecil. In house training hanya digelar oleh perusahaan. Peserta in house training juga terbatas pada karyawan satu perusahaan meski dari berbagai kantor cabang. Oleh sebab itu, kebocoran data akan sangat minim terjadi.

2. Adanya Training Analysis

Perusahaan akan mengajukan materi yang spesifik pada trainer. Trainer bertugas memberikan materi yang sesuai dengan permintaan perusahaan. Namun, kelebihan in house training tidak hanya sebatas it saja. Melalui in house training, perusahaan dapat menyelipkan beberapa pesan kepada trainer. Perusahan dapat menyelipkan budaya kerja sesuai SOP dan lain sebagainya. Bahkan sangat memungkinkan perusahaan memberikan pelatihan berupa publik speaking dan lain sebagainya kepada peserta.

Pada saat dilakukan in house training, trainer dapat juga melakukan analisis data. Trainer bisa melakukan wawancara atau survei kepada karyawan. Data dari analisis trainer ini bisa menjadi masukan yang sangat baik bagi perusahaan. Data analisis tersebut akan memberikan masukan atau feedback yang baik bagi manajemen untuk keberlangsungan usaha.

Kelebihan lainnya dari in house training adalah adanya data awal. Perusahaan akan memberikan data awal kepada trainer. Perusahaan akan menyampaikan apa saja permasalahan yang dihadapi. Dengan begitu, trainer akan mempersiapkan materi secara khusus untuk menangani permasalahan terkait. Melalui permasalahan yang ada trainer akan membuat pelatihan, kasus hingga metode penyelesaian namun dikemas dengan menarik.

Sangat penting bagi perusahaan untuk memilih trainer yang profesional dan menyenangkan. Penyampaian materi yang baik akan memberikan suasana nyaman bagi karyawan. Dengan begitu, materi akan sampai tepat sasaran kepada karyawan. Oleh sebab itu, sebaiknya pilih trainer yang sudah memiliki nama atau setidaknya sudah dikenal mampu memberikan pelatihan yang baik. Tujuannya adalah agar training dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran serta tercapai sesuai dengan tujuannya.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment