Artikel

Strategi Yang Bisa Mendukung Training Berjalan Secara Efektif

Dalam suatu perusahaan, ada baiknya jika perusahaan memiliki agenda untuk menyelenggarakan pelatihan dan pengembangan tenaga kerja. Meskipun nantinya perusahaan harus mengeluarkan biaya, namun hasilnya bisa lebih memuaskan.

Di mana Anda akan memiliki karyawan yang kemampuannya semakin meningkat. Dengan begitu, karyawan tersebut bisa bekerja dengan lebih baik di perusahaan Anda. Otomatis perusahaan pun akan mendapatkan dampak positifnya.

Jadi, mengadakan in house training adalah salah satu usaha yang bisa perusahaan lakukan untuk meningkatkan performanya. Agar pelatihan yang perusahaan selenggarakan bisa berjalan efektif, maka ada beberapa cara yang perlu Anda ketahui.

Memberikan Pelatihan Yang Variatif

Ada banyak sekali metode pelatihan yang bisa Anda berikan untuk para karyawan. Anda bisa mengkombinasikan beberapa metode yang menurut Anda cocok dan nyaman.

Semakin beragam cara Anda untuk memberikan informasi pada karyawan, maka akan semakin baik. Secara tidak langsung, karyawan juga bisa belajar dan memanfaatkan informasi tersebut dalam pekerjaannya.

Selain itu, berikan juga variasi dalam hal kecepatan dan gaya pelatihan formal secara baik. Karena pelatihan yang informasi akan menimbulkan kesenjangan. Penyediaan buku, majalah, dan pelatihan on-the-job sangatlah bermanfaat untuk karyawan.

Hal ini karena dalam satu majalah berisi dengan beragam topik. Anda juga bisa menyediakan beberapa ahli dalam pelatihan untuk memberikan pengetahuan yang berbobot pada karyawan.

Menggunakan Pengulangan

Melakukan pengulangan pelatihan informal, maka Anda sudah melakukan penyaringan dari pelatihan tersebut. Anda bisa melibatkan ilustrasi, foto, maupun ikon yang memperoleh ide mengenai pelatihan yang sudah berlangsung.

Adanya kursus penyegaran juga menjadi bentuk pengulangan dari pelatihan formal sebelum Anda melanjutkan ke tahap selanjutnya. Bila perlu, Anda juga bisa merencanakan pelatihan berikutnya dengan waktu sudah Anda tentukan.

Adanya Feedback

Pengadaan feedback menjadikan pengembangan tenaga kerja berlangsung secara efektif. Untuk mendapatkan feedback, Anda bisa melakukannya dengan meminta pendapat dari setiap karyawan yang mengikuti pelatihan.

Dalam sesi inilah, setiap karyawan bisa mengungkapkan setiap ide maupun gagasannya. Bahkan tidak jarang hal ini bisa memunculkan respon lain yang membuat sebuah ide semakin berkembang.

Karena setiap perusahaan pun pada dasarnya mengharapkan feedback ini. Dengan begitu, perusahaan bisa tahu bagaimana kemampuan dari setiap karyawannya. Serta apa yang sebenarnya karyawan ingin capai dari pekerjaannya.

Pengetahuan Secara Langsung

Setelah mengikuti pelatihan ini, biasanya peserta atau karyawan akan memiliki pola pikir yang lebih segar. Ia memiliki ide baru dan ingin segera mengaplikasikan pada pekerjaannya secara langsung.

Sehingga, penyampaian materi dalam sesi pelatihan sangat berpengaruh pada perubahan karyawan. Karena inilah harapannya dari pelatihan ini. Di mana karyawan menjadi lebih aktif, baik dalam berpikir dan bertindak sesuai dengan pekerjaannya.

Melalui cara-cara tersebut, maka jalannya proses pelatihan dan pengembangan tenaga kerja pun bisa lebih efektif. Peserta tidak mudah bosan, tetapi akan semakin mengembangkan daya pikir dan kemampuannya.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment