Artikel

Jenis-Jenis Program Pelatihan Dan Pengembangan Karyawan

Setiap perusahaan semakin sadar betapa pentingnya mengadakan pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM). Tidak jarang perusahaan juga memiliki pertanyaan pelatihan dan pengembangan sdm tentang pemberian materi yang tepat.

Hal ini dalam upaya untuk memastikan agar karyawannya bisa mendapat materi yang sesuai dengan kebutuhan. Karena setiap karyawan pasti memiliki bidang pekerjaan dan masalah masing-masing.

Namun, dengan adanya in house training, maka karyawan memiliki kesempatan untuk meningkatkan kemampuan dan produktivitasnya. Dengan begitu, cara ini pun bisa meminimalisir terjadinya risiko pada pekerjaan.

Oleh karena itu, perusahaan pun membutuhkan jenis-jenis program pelatihan dan pengembangan yang tepat untuk setiap karyawannya. Apa saja jenis-jenis program pelatihan tersebut?

Onboarding

Jenis program ini khusus untuk menyambut karyawan yang masih baru. Untuk mendukung pekerjaan mereka, maka perusahaan pun mem fasilitas apa saja yang karyawan butuhkan.

Biasanya ada suatu sesi di mana karyawan akan mendapatkan pengenalan tentang perusahaan tersebut. Misalnya struktur organisasi, tujuan, proses, aturan, prosedur, norma, prinsip, kontrol, harapan, dan sistem yang berlaku di perusahaan.

Manajemen Risiko

Adanya pelatihan dan pengembangan jenis ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya risiko. Nantinya karyawan akan bisa untuk menerapkan manajemen risiko tersebut dalam pekerjaannya.

Materi di dalam program ini biasanya mengenai keselamatan kerja, keamanan informasi, serta kepatuhan di dalam menjalankan pekerjaan.

Manajemen Keahlian

Setiap perusahaan pastinya perlu untuk mengetahui bagian-bagian mana saja dalam perusahaannya yang terjadi kesenjangan. Sehingga pertanyaan pelatihan dan pengembangan sdm tentang materi untuk hal tersebut pun sangatlah penting.

Dengan melakukan pelatihan, maka perusahaan pun bisa melakukan identifikasi keahlian para karyawannya. Pemberian pelatihan dan pengembangan jenis ini pun bermacam-macam tingkatannya.

Tidak terkecuali untuk melakukan pemantauan beragam talenta yang ada di dalam perusahaannya maupun dalam tim kerjanya.

Perencanaan Karir

Setiap karyawan pastinya memiliki minta yang berbeda-beda. Dengan mengadakan pelatihan dan pengembangan SDM, hal ini bisa untuk menyesuaikan minat setiap karyawan.

Dengan begitu, hal ini bisa untuk meningkatkan kepuasan kerja serta partisipasi mereka di perusahaan tempatnya bekerja.

Manajemen Pengetahuan

Jenis program ini memiliki keterkaitan hubungan antara senior dan juniornya di dalam perusahaan. Yang mana perusahaan akan melakukan proses pengembangan, mempertahankan, pemanfaatan, dan memindahkan pengetahuan dari karyawan yang sudah senior ke junior.

Pengalaman

Pengalaman berkaitan erat dengan upaya untuk menerapkan suatu kerja secara langsung. Dalam hal ini, karyawan berkesempatan untuk mendapatkan pengalaman yang bisa berkontribusi langsung bagi perusahaan.

Karyawan akan mendapatkan tugas yang berbeda dari biasanya. Bahkan bisa bertolak belakang dengan pekerjaan yang biasanya karyawan kerjakan.

Diklat

Dalam jenis program ini, perusahaan biasanya akan mengirim karyawannya ke luar perusahaan. Misalnya dengan memberikan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan. Pastinya menyesuaikan dengan apa yang perusahaan perlukan dan menjadi tujuan karir dari karyawan.

Itulah jawaban atas pertanyaan pelatihan dan pengembangan sdm tentang penerapan program untuk para karyawan. Sehingga harapannya kualitas kerja di perusahaan pun bisa meningkat dengan menggunakan program-program tersebut.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment