Artikel

Tingkatkan Produktivitas Karyawan,  Inilah Metode-Metode Yang Tepat Untuk Pelatihan Dan Pengembangan SDM 

Keberadaan karyawan menjadi aset yang sangat penting bagi perusahaan. Oleh karena itu, pelatihan sumber daya manusia (SDM) harus perusahaan lakukan untuk menunjang produktivitasnya.

Pertanyaan pelatihan dan pengembangan sdm tentang penggunaan metode yang tepat pun menjadi perhatian. Karena dengan metode yang sesuai, maka bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Hal ini pun akan berdampak pada proses kerja di perusahaan Anda. Perusahaan bisa bekerja secara lebih efektif dan efisien. Dengan begitu, kualitas perusahaan Anda pun akan meningkat.

Dalam memberikan pelatihan dan pengembangan pada karyawan, biasanya menggunakan beberapa metode. Di mana metode-metode tersebut pastinya mampu untuk meningkatkan kinerja karyawan di perusahaan Anda.

Metode Demonstrasi Dan Contoh

Metode ini banyak menggunakan penguraian serta caranya mempraktekkan suatu hal dengan contoh. Bahkan metode ini tergolong efektif karena lebih mudah saat menampilkannya pada para peserta pelatihan yang dalam hal ini adalah karyawan.

Metode ini menunjukkan tentang bagaimana caranya mengerjakan tugas tertentu yang sudah terkombinasi dengan beberapa alat bantu. Misalnya berupa gambar, teks materi, ceramah, hingga sesi diskusi.

Metode Simulasi

Dalam in house training untuk memberikan pelatihan dan pengembangan pada karyawan, bisa menggunakan metode simulasi. Metode ini adalah kondisi untuk bisa menciptakan suatu realitas maupun imitasi dari realita kerja yang sebenarnya.

Simulasi ini memiliki peran sebagai pelengkap dan sebagai duplikasi yang hampir mirip dengan situasi yang ada di lapangan. Sehingga karyawan pun seolah sedang berada di lingkungan kerja aslinya.

Metode On The Job Training

Metode ini adalah untuk karyawan yang baru saja bergabung dengan perusahaan tersebut. Cara karyawan untuk mempelajari tentang pekerjaannya adalah dengan mengamati secara langsung.

Ia akan melihat bagaimana karyawan yang lain menjalankan tugasnya, lalu melakukan observasi pada perilakunya. Nantinya karyawan lama akan memberikan contoh dan karyawan baru bisa memperhatikan dan berusaha memahaminya.

Metode Vestibule Atau Balai

Vestibule sendiri adalah sebuah ruangan yang terpisah dan fungsinya sebagai tempat pelatihan untuk karyawan baru yang akan menempati suatu jabatan. Penggunaan metode ini termasuk tepat untuk para karyawan.

Lebih tepatnya untuk karyawan yang akan mendapat pelatihan dengan jenis pekerjaan yang sama dengan waktu yang juga sama.

Metode Ruang Kelas

Sesuai dengan namanya, pelaksanaan metode ini berada di ruang kelas. Anda bisa menganggapnya seperti sedang berkuliah, studi kasus, dan konferensi. Pertanyaan pelatihan dan pengembangan sdm bisa Anda ajukan.

Hal ini agar proses pelatihan bisa Anda serap secara optimal dan pengaplikasiannya juga bisa memuaskan serta berdampak bagi perusahaan.

Dari beberapa metode pelatihan dan pengembangan SDM tersebut, akan lebih baik jika Anda memilih sesuai dengan kebutuhan. Pertanyaan pelatihan dan pengembangan sdm  pun bisa terlaksana. Begitu juga dengan kinerja karyawan yang lebih efektif dan efisien.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment