Artikel

Menemukan Kebahagiaan Dalam Bekerja

Setiap orang pasti menginginkan kehidupan yang bahagia. Kita semua selalu mencari cara untuk menemukan kebahagiaan diri. Ada yang mendapatkan kebahagiaan dengan menekuni hobi, berkumpul dengan keluarga atau teman dan ada pula yang menemukan kebahagiaan dalam bekerja. Mungkin beberapa dari kita bertanya-tanya, bisakah kita menemukan kebahagiaan dalam bekerja? Sedangkan banyak pekerjaan malah menambah kepenantan berpikir, stress dan kegelisahan karena meresa bahwa bekerja adalah beban, jadi bagaimana bisa bahagia?

Jawabannya bisa, tentu saja bisa. Kita dapat merasakan kebahagiaan ketika kita bekerja dengan mengubah apa yang kita rasakan tentang pekerjaan kita. Walaupun seringkali problem dalam pekerjaan membuat kita merasa stress dan kurang bahagia. Seperti ketika kita merasa kita sudah bekerja keras dan menunjukkan kinerja terbaik kita di pekerjaan, namun kita tidak mendapatkan apresiasi dari rekan maupun atasan. Akhirnya, pikiran negatif pun datang menghantui.

“Kenapa saya stuck di posisi ini? Apakah kinerja saya masih kurang memuaskan?”

“Kok sepertinya kerja saya salah terus ya?”

“Pekerjaan orang itu jauh lebih menyenangkan dari pekerjaan saya. Pekerjaan saya bikin stress”

Dan masih banyak pikiran negatif lainnya yang mungkin menghantui pikiran kita.

Pikiran-pikiran tersebut seringkali menurunkan semangat kerja kita, membuat kita merasa tidak berguna, menyalahkan pihak lain, mencari-cari alasan hingga bersikap sinis kepada rekan kerja atau atasan hingga pada akhirnya kita tidak merasa bahagia dengan pekerjaan yang kita miliki.

Jika kita merasakan pikiran negatif itu menyelinap dalam pikiran kita, yuk luangkan waktu sejenak untuk beristirahat. Tarik napas dalam lalu hembuskan. Ubah pikiran negatif yang muncul menjadi pikiran yang positif. Fokuslah pada makna positif yang ada dari setiap momen yang dialami. Jangan biarkan pikiran negatif itu menghantui kita. Belajar dan berlatih untuk mencari sisi positif dari setiap problem yang kita hadapi, dengan begitu perlahan-lahan pikiran negatif akan memudar dan kita dapat menemukan kebahagiaan dalam menjalankan pekerjaan kita.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment