Artikel

Bagaimana BUDAYA “ DELIVERING HAPPINESS” di ZAPPOS bisa menjadi DIREFENSIASI , sehingga menjadi bisnis yang unggul.

Perusahaan bisa sukses karena BUDAYA KERJA dan TEAM nya.

Dan budaya zappos dengan nilai “ LAYANAN PELANGGAN” mengakar ke semua lini dan operasional sehari – hari. Dan layanan pelanggan ZAPPOS adalah menjadi kompentensi inti di ZAPPOS.   Karena pelanggan tidak hanya membeli sebuah barang namun juga aktif menciptakan nilai.

Jika perusahaan2 besar sulit dihubungi , ZAPPOS melakukan pemasangan no telp setiap halaman websitenya. Dan MUDAH di hubungi. Setiap TELP yang masuk . Team ZAPPOS mengangap bahwa ini adalah peluang untuk pengalaman yang menakjubkan. Bahkan jika sepatu yang Anda cari ga ada, team sales ZAPPOS akan rela mencarikan dan memesankan untuk Anda.

Team sales ZAPPOS rela meluangkan waktu untuk Anda, meski Anda tidak  jadi membeli produk ZAPPOS. Bahkan Zappos membayar orang untuk berhenti 4K dolar jika budayanya tidak sesuai dengan mereka. Dan hanya 1% yang mengambil itu.

 

3 hal penting yang diambil dalam BUDAYA ZAPPOS

  1. Berkembang terlalu cepat harus berhati- hati.

TONY HSEIH ( CEO ZAPPOS )  belajar dari bisnis pertamanya. Link Exchange. Bagaimana hypergrowth bisa berdampak buruk dengan BUDAYA perusahaan. Karena merekrut team yang salah, akan menimbulkan masalah baru. Karena VISI yang berbeda membuat kendaraan organisasi goyang.  Pastikan VISI yang sama dengan team, passion yang sama. Tidak mementingkan uang saja.

  1. Tony Hseih sangat menyetujui bahwa kesuksesan bergantung pada BUDAYA yang merupakan citra perusahaan.

Mulai dari 2003 kondisi krisis DOT COM BUBBLE di America. Maka Tony Hseih memutuskan PELAYANAN KONSUMEN menjadi hal utama.

  1. Semua dimulai dari team yang bahagia.

Jika bahagia, maka akan melayani konsumen dengan baik. Budaya ZAPPOS mendukung karyawan untuk terus bertumbuh. Dengan adanya program pembelajaran 7 tahun, dengan kurikulum yang sangat luar biasa. Bahkan jenjang promosi yang ada, yaitu sangat pendek, 6 bulan. Jika teamnya sudah menyelesaikan kompetensi yang ada. Maka teamnya berhak untuk ikut promosi.

 

Ada 3 Kerangka Kebahagiaan Menurut ZAPPOS

  1. Team bertanggung jawab atas karirnya sendiri.

  2. Zappos berusaha memberikan lebih ke konsumen , investor dan team yang lain. Sehingga mampu memberikan kebahagiaan.

  3. Team Zappos membuat ikut pencapaian lebih besar. Tidak hanya keuntungan tapi kebahagiaan konsumen.

Karena jika tujuan lebih besar dari dirinya. Maka , akan melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda.

Dan BUDAYA ini lah dipegang oleh puncuk pimpinan dan sampai level paling bawah yang nantinya akan menjadi daya saing yang unggul bagi perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment