Manajer dan Pemimpin

Manajer adalah jabatan formal yang diberikan kepada orang yang berwenang dan bertanggung jawab dalam menjalankan fungsi manajemen. Ini berhubungan dengan posisi tertentu atau jabatan dalam suatu organisasi. Meskipun bukan sebuah job description, namun jabatan dapat menjelaskan tentang apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab seseorang.

Seorang manajer yang baik adalah orang yang bisa mengatur segala sesuatu yang merupakan tugas dan tanggung jawabnya. Ia bisa mengelola pekerjaan-pekerjaan besar dengan memecahnya menjadi pekerjaan-pekerjaan yang kecil dan sederhana, sehingga orang-orang dibawahnya mampu mengerjakan tugas yang sebelumnya terasa sangat sulit, meskipun para karyawannya memiliki kemampuan yang biasa-biasa saja. Jadi ujian bagi seorang manajer adalah membuat orang biasa mencapai prestasi yang luar biasa.

Adapun definisi yang paling sederhana dari kepemimpinan, adalah kemampuan memberi “pengaruh positif” pada orang lain. Ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan jabatan seseorang. Seorang pemimpin bisa saja tidak memiliki jabatan formal. Seorang karyawan yang disegani akan mampu menggunakan pengaruhnya pada apa yang dikerjakan orang lain, sementara seorang manajer yang tidak disukai bisa saja diabaikan oleh orang-orang dibawahnya. Orang-orang seperti itu disebut “informal leader”. Dan di hampir semua organisasi sukses selalu terdapat banyak pemimpin yang seperti ini.

Ujian sesungguhnya dari kepemimpinan adalah jika Anda tidak mempunyai jabatan, bisakah Anda membuat mereka mengikuti Anda?
Dasar dari kepemimpinan adalah kualitas individu, seperti : integritas, kejujuran, kerendahan hati, keberanian, komitment, ketulusan, kearifan, kepekaan, rasa percaya diri, dan lain-lain. Sedangkan manajemen lebih pada kemampuan dalam perencanaan, pengorganisasian, dan keahlian berkomunikasi.

Dari pengertian diatas dapat kita simpulkan bahwa Manager dan Pemimpin adalah dua hal yang berbeda. Menjadi manajer tidak akan secara otomatis membuat kita menjadi seorang pemimpin, karena kemampuan kepemimpinan tidak otomatis muncul bersamaan dengan jabatan manajer yang kita pegang. Kepemimpinan hanya dapat kita peroleh melalui proses pelatihan dan latihan yang terus menerus. Intinya, “pengaruh” dan “inspirasi” itu datang dari orangnya, bukan posisinya. Disitulah letak perbedaannya antara pemimpin dan manajer.

Leave a Reply

*