Instant Team Building

Karyawan adalah aset terpenting perusahaan atau disebut juga Human Capital. Keberadaannya memegang peranan yang sangat penting bagi pencapaian tujuan organisasi. Karenanya perusahaan membutuhkan human capital yang handal, yaitu karyawan yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya, serta memiliki loyalitas yang tinggi pada perusahaan.
Namun,yang dirasakan perusahaan seringkali sebaliknya. Para pemimpin perusahaan sering mengeluhkan tentang kinerja para manajer-nya. Mereka dianggap tidak mampu menjalankan fungsinya secara efektif, karena sering tidak bisa mengatasi masalah-masalah yang terjadi di lapangan. Mereka juga dianggap kurang bekerja keras dalam usaha mencapai target atau goal yang telah ditetapkan perusahaan. Sehingga kinerja perusahaan menjadi tidak maksimal. Sementara disisi yang lain para manajer malah berfikir sebaliknya, mereka merasa sudah bekerja sangat keras. Manajer yang dimaksudkan disini adalah semua manajer dari semua level, mulai dari setingkat foreman atau kepala regu sampai senior manajer.
Kegagalan banyak manajer adalah seringkali menghabiskan terlalu banyak waktu untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan rutinitas yang hanya memberikan kontribusi kecil bagi pencapaian tujuan. Mereka tenggelam dalam urusan administratif dan atau operasional. Sehingga mereka merasa sudah bekerja keras bahkan sangat keras, namun hasilnya tidak ada. Kesalahan ini terjadi salah satu faktornya adalah karena mereka tidak mengenali “potensi” sejatinya, akibatnya mereka tidak berusaha untuk mengembangkan kompetensinya.
Peran kompetensi ini sangat penting untuk mendukung kinerja perusahaan, ditengah situasi persaingan yang sangat ketat dewasa ini. Oleh sebab itu peningkatan kompetensi karyawan tidak bisa ditawar-tawar lagi.
Meskipun kesadaran para pengelola organisasi untuk meningkatkan kompetensi karyawannya semakin meningkat, namun sebagian besar hanya berfokus pada penguasaan keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan (hard skills). Aspek lain seperti kepribadian dan gairah bekerja para karyawan sering tidak diperhitungkan (soft skills). Padahal KOMPETENSI merupakan kombinasi dari pengetahuan, keterampilan dan kualitas pribadi, sikap atau perilaku yang dimiliki seseorang, sehingga menciptakan suatu nilai yang menjadi kemampuan yang bersangkutan.

Akibatnya perusahaan tidak mendapatkan efek penuh dari potensi sejati setiap karyawannya.
Coba periksa : Apakah Anda sering mengeluhkan kinerja mereka? Apakah kompetensi mereka tidak seperti yang Anda harapkan? Apakah mereka sering melakukan kesalahan? Apakah mereka sulit sekali untuk berubah? Apakah mereka tidak bergairah dalam bekerja? Apakah mereka sering melempar tanggung jawab dan saling menyalahkan? Apakah “turn-over” karyawan cukup tinggi?
Jika seperti itu kondisinya, berarti Anda membutuhkan pelatihan ini.
Pelatihan Instant Team Building akan membuat PERUBAHAN REVOLUSIONER terhadap kinerja karyawan Anda. Pelatihan ini merupakan program pengembangan diri secara terpadu yang dirancang untuk: menemukan, mengembangkan dan mengelola potensi diri peserta secara seimbang, sinergi dan komprehensif. Sehingga setiap peserta dapat mengembangkan potensi terbaiknya. Pada akhirnya mereka akan menjadi individu yang mandiri, kreatif, dan berprestasi.
Materi pelatihan ini diracik dengan memadukan ilmu psikologi terapan, kepemimpinan dan manajemen praktis yang disusun oleh pakar berpengalaman. Konsep-konsep ini diberikan melalui berbagai teknik pembelajaran terkini, dengan gaya bahasa yang ringan dan sederhana disertai contoh-contoh yang mudah dipahami, sehingga setiap materi yang disampaikan akan mudah dipahami oleh peserta awam sekalipun.

MANFAAT :
Manfaat hebat yang akan diperoleh perusahaan dari workshop ini :
 Perubahan pola pikir (mindset)
 Perubahan perilaku (behavior change)
 Peningkatan produktivitas
 Peningkatan kompetensi dan kinerja
 Menciptakan harmoni dalam tim

Manfaat langsung yang didapatkan peserta :
 Kemampuan mengembangkan potensi (diri) terbaiknya,
 Meningkatkan percaya diri
 Memiliki motivasi yang tinggi untuk berkembang bersama perusahaan
 Kemampuan untuk berfikir terbuka (open minded) dan menghilangkan mental block yang menghalanginya untuk berkembang.
 Kemampuan berfikir kreatif dan inovatif.
 keberanian dalam menerima tantangan, menghadapi perubahan, mengambil keputusan, mengambil resiko, dan melakukan tindakan.

PROGRAM & METODE
Instant Team Building merupakan “basic program” bagi pengembangan karyawan. Program ini didesain untuk menanamkan pondasi yang kokoh pada setiap peserta melalui pikiran bawah sadarnya sehingga akan melekat kuat secara permanen dalam dirinya. Ini akan berdampak perubahan revolusioner pada cara mereka berfikir, bersikap dan berperilaku. Sehingga akan memudahkan perusahaan untuk mengembangkannya lebih lanjut. Pada akhirnya, cita-cita untuk memiliki human capital yang kompeten dan loyal dapat segera diwujudkan.

Program ini diselenggarakan selama 2 hari yang dikemas dengan memadukan berbagai teknik pembelajaran terkini, sehingga efektivitasnya akan terjamin. Format yang digunakan adalah model “Workshop” yang berpusat pada peserta (participant oriented) dikemas dan dikembangkan melalui pendekatan yang interaktif, praktis dan mudah dicerna, serta bertumpu pada prinsip edutaintment (suasana rileks dan menyenangkan).
Yang menjadi kelebihan dan kekuatan utama program ini adalah materi program, yang memadukan ilmu psikologi terapan, kepemimpinan dan manajemen praktis yang disusun oleh pakar berpengalaman dan memiliki sertifikasi internasional di bidang “peningkatan produktivitas” (certified producti-vity specialist) dan “perubahan perilaku” (certified behavior change specialist).
Konsep-konsep ini telah diramu sedemikian rupa dan akan diperkenalkan melalui diskusi, simulasi, latihan, games dan experiental learning.
Meskipun sarat dengan ilmu berbasis ilmiah, namun konsep-konsep yang diajarkan, disampaikan dengan gaya bahasa yang ringan dan sederhana disertai contoh-contoh yang mudah dipahami, sehingga materi pelatihan akan dapat dipahami dengan baik, mudah diikuti dan dicerna oleh peserta awam sekalipun.

PESERTA
Pelatihan ini sangat tepat diikuti oleh para manajer madya (manajer, kepala bagian, kepala seksi, kepala unit, atau sebutan lainnya) dan manajer lini pertama (supervisor, foreman, line leader, team leader, kepala regu, atau sebutan lainnya), yang perilaku dan kompetensinya ingin ditingkatkan; untuk mendukung kinerja perusahaan. Kemudian bagi calon manajer atau mereka yang dipersiapkan menjadi “future leader”; dan mereka yang harus mengerti dan menilai kinerja pada manajer dan supervisor.
Pelatihan ini tidak mensyaratkan latar belakang pendidikan dan pengalaman.