How To Be a Great Trainer

Menjadi trainer hebat atau menguasai teknik-teknik pengajaran yang efektif, bukanlah suatu talenta atau bakat alami yang hanya dimiliki oleh segelintir orang dan datang dengan sendirinya, namun merupakan suatu keterampilan yang dapat dikuasai oleh semua orang melalui PELATIHAN dan LATIHAN yang tepat.
HOW TO BE A GREAT TRAINER merupakan program pelatihan yang dirancang secara khusus bagi individu yang ingin menguasai teknik-teknik pengajaran secara efektif, termasuk di dalamnya melatih kemampuan dalam public speaking dan presentation skills.
Kemampuan ini adalah keterampilan utama yang harus dimiliki dan dikuasai, bukan saja oleh mereka yang berprofesi sebagai trainer (pelatih), tetapi juga oleh setiap pemimpin yang harus mengembangkan anggota tim nya.
Di lapangan kita sering menjumpai para manajer dan pemimpin hebat yang sangat menguasai bidangnya, namun mereka tidak mampu menggandakan atau menduplikasi keahlian yang dimilikinya kepada orang lain. Mereka tidak mampu mengembangkan orang-orang yang ada dibawahnya. Sehingga mereka sering terlihat sibuk sendiri dengan berbagai persoalan yang dihadapinya.
Kesalahan ini terjadi karena mereka tidak menguasai teknik-teknik pengajaran yang efektif, dan tidak jarang karena kemampuan public speaking dan presentation technique nya yang buruk.
Pelatihan How To Be A Great Trainer akan membimbing Anda menjadi trainer hebat.

PESERTA
Pelatihan ini sangat tepat diikuti oleh para trainer dan calon trainer, manajer, supervisor, pengajar, guru, dosen, pelaku bisnis MLM, agen asuransi, agen properti, atau siapapun yang dalam kesehariannya berkepentingan untuk mengembangkan orang lain, serta siapapun yang tertarik dan ingin menguasai teknik-teknik pelatihan yang efektif.

METODE
Program pelatihan akan dilaksanakan dengan model “Workshop” yang berpusat pada peserta; dikemas dan dikembangkan melalui pendekatan yang interaktif, praktis dan mudah dicerna, serta bertumpu pada prinsip edutaintment (suasana rileks dan menyenangkan). Konsep-konsep ini telah diramu sedemikian rupa dan akan diperkenalkan melalui diskusi, simulasi, latihan, games dan experiental learning selama workshop berlangsung, sehingga materi yang disampaikan dapat dipahami dengan baik oleh peserta.

MATERI
Introduction: Story Telling, Mengapa Menjadi Trainer, Trainer adalah sebuah Keterampilan, Menjadi Trainer Itu Gampang, Menjadi Trainer Hebat, Hebat vs Baik, Kompetensi Trainer, Langkah Training, Karakter/Kepribadian, Motivasi Diri, Communication Skills, Konsep Dasar Komunikasi, Komunikasi Verbal dan Non Verbal, Memahami Komunikasi Efektif, Effective Transfer Knowledge, Memahami Cara Otak Menyimpan dan Mengolah Informasi, Memahami Gelombang Energi Otak, Memahami Fungsi Kedua Belahan Otak, Memahami Gaya Belajar Audiens, Mengenali Kebutuhan Audiens, Mengenali
Persiapan Pelatihan: Karakteristik Audiens, Menguasai Materi Yang Akan Dibicarakan, Teknik Berlatih.
Membuka Pelatihan : Penampilan (Melakukan dengan Percaya Diri, Cara Menghilangkan Rasa Takut, Cara Mengatasi Demam Panggung, Penampilan Fisik), Greetings (Menit Pertama Yang Menentukan) , Grabbing (Pembukaan yang Efektif), Memahami Tingkat Konsentrasi Pendengar.
Proses Pelatihan : Menjadi Aktor saat di Panggung, Public Speaking (Pemahaman, Melatih Pernafasan Diafragma, Mengontrol Volume, Melatih Ekspresi Suara), Presentation Skills (Memahami Tujuan, Cara Menyajikan atau Menyusun Materi Yang Efektif, Sistematika Penyampaian, Teknik Presentasi Yang Memukau), Ice Breaking Technique (Teknik Untuk Memecahkan Ketegangan Suasana), Bridging (Cara Mengatasi Bila Sesuatu Yang Tidak Direncanakan Terjadi), Handling Audience (Bila Tidak Mendapat Respek Dari Audiens, Cara Menjawab Pertanyaan), Kesalahan Klasik Saat Menjadi Trainer.
Menutup Pelatihan : Agar Peserta Mau Melakukan Tindakan, Teknik Merangkum, Teknik Tanya Jawab dan Diskusi, Evaluasi.

Durasi : 2 (dua) hari @ 8 jam