GOAL TEAM harus JELAS

Studi kasus: Gudang perusahaan distribusi

goalPernah di suatu project pendampingan management di perusahaan distribusi di Jawa Timur.

Di dalam project di bulan pertama kami analisa terlebih dahulu. Dan bagian Gudang adalah pertama kali kami ubek-ubek dulu. Kondisi saat kami masuk project tersebut, Gudang berantakan, barang tidak pada tempat nya. Sehingga pencarian sulit. Dan bisa kebayang, barang hilang disini satu saja langsung jutaan bahkan puluhan juta.

Goal Team tersebut tidak jelas. Kami tanyakan satu per satu kepada team Gudang. Jawabannya adalah : “Ya saya menunggu perintah dari komandan Gudang”. Hahay…

Sehingga hasilnya pun tidak jelas. Kami cek data yang ada dan kami simpulkan : akurasi stok hanya 20%, Ontime delivery 80% , Ketepatan pengiriman barang 80%.

Kemudian bulan ke 2 kami sudah mulai membuat system. Kami buat dan sosialisasikan kepada team GUDANG perusahaan distribusi tersebut. Namun selama 3 bulan disana , hasilnya menurut kami TIDAK memuaskan. Waktu itu kami mempunyai Target dengan Indicator : Akurasi Stok 99% , On Time Delivery 99% , Ketepatan Pengiriman 99% . Namun hasil masih rata2 diangka 80%. Padahal System yang sudah dipakai adalah standart warehouse management.

Kami ingat tentang pertandingan olahraga. Biasanya pertandingan akan seru banget jika sang petugas merubah PAPAN SCORE. Dan pemain pun makin jelas akan GOAL nya. Juga pelatih makin was-was dan mengarahkan setiap saat.

Namun kebayang ga misal PAPAN SCORE ini tidak di update. PEMAIN dan para PENONTON pasti jenuuuh… Dikarenakan PAPAN SCORE nya tidak ada atau tidak ada yang meng update. Bahkan pemain dan penonton mulai kebingungan akan suasana permainannya. Begitu juga dalam bekerja. Jika GOAL sebuah team TIDAK JELAS, bekerja pun tidak ada semangat dan tanpa gairah. Maka Goal TEAM, Goal INDIVIDU pun harus jelas.

Begitu juga yang akhir nya kami lakukan di Gudang Perusahaan distribusi ini. Maka, yang kami gunakan adalah PAPAN SCORE di gudang untuk memperjelas GOAL dan sudah SEJAUH MANA team nya sampai ke GOAL tersebut. GOAL Team dan GOAL Per Individu. Di artikel ini kami tidak membahas tentang Bagaimana menetapkan Sasaran Mutu atau GOAL per divisi atau Key Indicator. Biasanya kami bahas dalam training – training in house ataupun management public training kami. Namun, kami upayakan akan kami bahas dalam artikel lain.

Sangat mengejutkan di bulan ke 4 sampe bulan terakhir kami pendampingan, bulan ke 6. GOAL team Gudang tercapai. Akurasi Stok 99%. Ontime Delivery 99% dan ketepatan pengiriman 100%.

YESSS! Excellent !!, Hanya butuh DISIPLIN dan MOTIVASI yang sederhana

Semoga Bermanfaat,

Salam,

NIA
nia@humplus.com

Leave a Reply

*